Adat Pernikahan di Indonesia

Adat Pernikahan di Indonesia

 

Cincin Tunangan Palladium 2021
Cincin Tunangan Palladium 2021

 

Adat Pernikahan di Indonesia – Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Bukan hanya kekayaannya yang beragam, namun budaya, suku dan bahasa juga beragam. Itulah indonesia. negara dengan sejuta pesona.

Setiap suku yang ada di indonesia memiliki adat dan tradisinya masing-masing. Juga memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda. Perbedaan inilah yang mencerminkan betapa kayanya indonesia. Bagaimana tidak, kita memiliki lebih dari puluhan bahasa. Puluhan adat dan beragam suku. Walau demikian bahasa kita yang menyatukan bangsa adalah bahasa indonesia. Bahasa indonesia bisa kita gunakan di negara ini ketika kita berada di daerah yang bukan asal kita.

baca juga : Kelebihan Cincin Platina 2

Begitupun dengan pernikahan, saya rasa setiap suku memiliki adat pernikahannya masing-masing. Kamu mau tahu seperti apa saja adat pernikahan yang ada di indonesia ? Simak artikel ini sampai selesai ya. Mungkin saja ada adatmu yang tertulis disini.

1. Adat Jawa

Tahukah kamu bahawa suku jawa ini menyumbang banyak sekali masyarakat indonesia ? Maksudnya, sebagian besar dari penduduk negara ini berasal dari suku jawa. Jadi, suku jawa ini adalah suku mayoritas. Sebab itulah adat pernikahan jawa begitu terkenal di indonesia.

2. Adat Minangkabau

Ini begitu unik. Wanita datang untuk meminang laki-laki. Pihak wanita dan keluarga akan datang ke rumah si pria dengan membawa buah-buah an dan buah tangan lainnya. Saat resepsi pernikahan, perempuan akan memakai riasan kepala suntiang. Hiasan ini bobotnya lebih dari 1 kg. Dekorasinya di dominasi warna emas.

3. Adat Bali

Pernikahan dengan adat bali ini mempunyai banyak ritual yang tidak boleh dilewatkan. Dalam acaranya pihak pria datang meminang ke rumah pihak wanita. Dan ritual pernikahan diadakan di rumah pihak pria.

4. Adat Sunda

Nikah di sunda memiliki beberapa proses dalam pernikahan. Ada yang namanya neundeun omong, artinya membicarakan pernikahan. Setelah itu, narosan (melamar) Ada pula proses seserahan. Proses seserahan ini adalah dimana pihak pria membawa bingkisan uang, pakaian sampai perabotan rumah tangga untuk diserahkan kepada pihak wanita.

Ritual selanjutnya dalam adat sunda adalah ngaras, siraman, ngeuyeuk seureuh, akad nikah dan saweran. Apa kamu tahu yang dimaksud dengan saweran ? Saweran ini lumayan terkenal, banyak orang yang melakukan saweran bukan hanya ketika acara pernikahan saja. Ada juga yang merayakannnya dalam rangka syukuran. Saweran ini adalah melempar uang yang di campur dengan beras, embel-embel lain hingga kunyit.

5. Adat Banjar

Pernikahan adat banjar ini cukup mahal di negara kita. Mahar yang di serahkan adalah sekitar 5 juta sampai 20 juta. Wow… Sepertinya ini adat orang kaya. Biasanya uang sebesar itu juga belum termasuk dengan barang-barang lamaraan lainnya.

6. Adat Sasak

Suku sasak ternyata juga memiliki adat pernikahan yang unik. Adat ini di tentukan oleh status sosial di masyarakat seperti kebangsawanan atau rakayat biasa. Juga ketika pihak wanita memiliki status sosial yang tinggi, maka mahar yang di berikan cukup mahal untuk menyandingkan dengan status sosial si pihak wanita itu.

 

Produk Kami :

 

 

 

Tentang kami

Kami adalah Pabrik produksi perhiasan berupa cincin couple ataupun perhiasan lainnya. Kami juga menggunakan logam mulia asli sebagai bahan dasar dalam pembuatan perhiasan, seperti : perak, palladium, emas dan platinum.

Alamat kami : jl.balai desa no.28 Rt/Rw 005/004  kelurahan : jati rasa, kcamatan: jati asih,  bekasi kota, provinsi: jawa barat

Hubungi Kami :  

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *